Posts

{ S a l e m b a D e p o k }

Image
"Kamu kuliah di FKUI? Wah, di Salemba ya berarti?"     Sejak saya diterima menjadi mahasiswa FKUI setahun yang lalu, pertanyaan tersebut mungkin telah saya dapatkan ribuan kali, terutama saat saya mengunjungi saudara-saudara saya saat Idul Fitri kemarin (oh iya, selamat lebaran semuanya!). Yang saya bingungkan sih, memangnya fakta bahwa kegiatan akademik FKUI terasingkan sendiri di Salemba (setidaknya sebelum tahun 2013) se-terkenal itu ya? 
   Ya, sebelum tahun 2013, semua kegiatan akademik, baik bagi mahasiswa pre-klinik maupun mahasiswa klinik (koas) bertempat di kampus UI Salemba. Kemudian, mulai tahun ajaran 2013/2014, perkuliahan pre-klinik mulai hijrah ke kampus UI Depok, ditandai dengan mahasiswa FKUI angkatan 2013 yang menjadi angkatan pertama menjalani perkuliahan di Depok dan satu-satunya angkatan yang menempati gedung Rumpun Ilmu Kesehatan UI Depok pada tahun ajaran tersebut, barulah saat berganti tahun ajaran 2014/2015, semua mahasiswa yang masih dalam masa pre-…

Menjadi Mahasiswa FKUI Tingkat 1

Wah udah lama ya gak ngepost di blog! Hello readers :) alhamdulillah gak kerasa gue udah semester 2 di FKUI, bahkan sebulan lagi semester 2 ini selesai dan gue bakal menjadi mahasiswa tingkat 2! :") time flies so fast. Ok jadi post ini gue hanya sekadar memberikan gambaran tentang kehidupan tingkat 1 di FKUI.

Jadi akhir-akhir ini gue sering dapet question di askfm, mention di twitter, bahkan banyak juga yang personal chat LINE gue (and it's really creepy... like where do they get my LINE ID) asking how it feels to be a medical student in FKUI, pelajarannya gimana, kehidupannya gimana, dan lain sebagainya. Ternyataaa banyak sekali di antara mereka yang masih kelas 10 ataupun kelas 11... cukup ambis hebat sekali ya punya keingintahuan yang tinggi! :") so here are the frequently asked questions on all of my social accounts...

Kak, mata kuliah di FKUI apa aja sih?

Seperti sebagian besar FK di universitas lainnya di Indonesia, FKUI pake sistem modul/blok. Satu modul menghabisk…

SBMPTN 2014, Getting Accepted at FKUI.

Image
(lanjutan dari post sebelumnya, Cerita Perjuangan Kelas XII: SNMPTN 2014)

Setelah mencoba bangkit dari keterpurukan karena tidak lolos SNMPTN 2014, gue langsung membuka website SBMPTN 2014 di hari itu juga. Gue mengisi formulir biodata dan langsung mendapatkan PIN. Setelah mendapatkan PIN, gue mencoba masuk step selanjutnya yaitu upload foto. Kebetulan, gue gak terlalu ahli mengedit foto jadi gue belum mau lanjut. Ditambah lagi, ada 'ancaman' di laman nya, "Apabila foto yang anda unggah tidak sesuai dengan persyaratan, Anda tidak akan diikutkan dalam seleksi SBMPTN 2014." Nah lho, serem kan.
Di sisa hari yang menyedihkan itu, gue mencoba berdiskusi dengan orang tua gue prodi dan PTN mana lagi yang akan menjadi pilihan gue di SBMPTN 2014 ini. Untuk prodi, gue bingung entah gue harus memilih Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Gigi atau hanya Pendidikan Dokter. Setelah berpikir panjang, akhirnya 3 pilihan di SBMPTN itu akan gue isi Pendidikan Dokter semua, dan gue …

Cerita Perjuangan Kelas XII: SNMPTN 2014

Image
Selamat pagi/siang/sore/malam semuanya! Gue kembali lagi setelah menceritakan pengalaman gue melewati salah satu event yang krusial di kelas XII, yaitu Ujian Nasional. Kalian bisa baca pengalaman gue melewati UN 2014 di Cerita Perjuangan Kelas XII: Ujian Nasional SMA 2014 :)
Nah, setelah menceritakan pengalaman gue melewati Ujian Nasional dan lulus SMA dengan nilai memuaskan, gue mau berbagi pengalaman gue lagi nih melewati dua event yang sangat-sangat krusial di SMA karena kalau kalian mau masuk PTN (Perguruan Tinggi Negeri), kalian harus melewati event ini. SNMPTN dan SBMPTN. Perjuangan melewati SNMPTN dan SBMPTN gak kalah berat dari perjuangan melewati UN, bahkan lebih berat. Kenapa gue bisa bilang lebih berat? Karena SNMPTN dan SBMPTN itu prinsipnya untuk menyeleksi, sedangkan UN prinsipnya untuk evaluasi. Kita harus bersaing dengan semua anak kelas XII di seluruh Indonesia, bahkan banyak juga alumni SMA tahun-tahun sebelumnya yang ikut SBMPTN, untuk meraih kursi PTN yang sangat …

Cerita Perjuangan Kelas XII: Ujian Nasional SMA 2014

Halo semuanya! Alhamdulillah gue kembali di blog ini dan sudah menyandang status mahasiswa baru :") kali ini gue mau cerita tentang perjuangan gue di kelas XII yang bener bener nguras tenaga dan pikiran. Bener bener nguras pikiran dan tenaga. Parah. Bagaimana perjuangan gue selama satu tahun terakhir ini?
Pas hari pertama kelas XII gue seneng banget. Seneng banget akhirnya bisa jadi kelas XII. Enak banget bisa jadi agit (bahasa anak Jakarta Selatan, artinya anak kelas tiga). Seneng banget bisa jadi senior. Seneng banget adik kelas jalannya pada nunduk kalo lagi jalan di koridor /mental senioritas/. HAHAHA. Percaya deh, senioritas SMA itu mengasyikkan banget. Ya kalo jadi junior atau kelas X sih emang gak enak. Enaknya kalo pas jadi seniornya aja :))
Berhubung gue sekolah di SMA Negeri 78 Jakarta, sekolah menengah atas negeri di bilangan Kemanggisan yang bisa dibilang cukup elite di Jakarta Barat dan menerapkan sistem SKS (Sistem Kredit Semester) yang jadi-jadian, jadi setiap sem…

High school life

Image
Hai semua. Ok ini terlalu lama gue ga post anything di blog gue.

So guys, gue lulus SMP tanggal 4 Juni 2011 dengan NEM UN 37,35 atau dgn rata rata 9,33. Lumayan lah; Bahasa Indonesia 9.00, Bahasa Inggris 9.60, Matematika 9.50, IPA 9.25.
Beberapa hari setelah pengumuman kelulusan, gue dapet berita menggembirakan lagi. Gue keterima di SMA Negeri 78 Jakarta! Ini agak beda dengan waktu gue lulus SD. Gue harus berusaha nyari SMP dimana-mana lama banget tapi ga dapet dapet juga, dan itupun ga dapet SMP Negeri -_-
Awalnya ya harus beradaptasi dengan hal hal berikut ini: Bangun jam setengah 5 pagiSekolah jauh dari rumah, kurang lebih 20 km (gabisa minta tolong siapa siapa kalo ada tugas yg ketinggalan)PR-PR nya itu......gakuat masbro.Peraturan yang beda jauh dengan peraturan di IsvillTarget gue kelas 12 nanti kan dapet SNMPTN Undangan, ya harus ngejar nilai gila-gilaanYah kurang lebih seperti itu hidup anak SMA baru. Ga kerasa udah menginjak semester 2. Gue ceritain semester 1 nya dulu yak.
Semest…

Heartbreak

Heartbreak is an odd kind of pain because you are not dying. You are not even sick. You are perfectly fine, yet you hurt so much that you can't even breathe. You can't sleep, and you can't stop the tears from falling. You may eat too much. You may not eat at all. Non-smokers light up. Non-drinkers find a bar. A broken heart is one of the world's greatest equalizer because it can turn even the sweetest angel into a freaking devil.





-leilockheart.tumblr.com